KECERDASAN

KECERDASAN MAJEMUK

Kecerdasan atau yang biasa dikenal dengan IQ (bahasa inggris: intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan malasah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Definisi Kecerdasan

Terdapat beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian,watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan. Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan. Stenberg & Slater (1982) mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.

Kecerdasan dapat dibagi dua yaitu kecerdasan umum biasa disebut sebagai faktor-g maupun kecerdasan spesifik. Akan tetapi pada dasarnya kecerdasan dapat dipilah-pilah. Berikut ini pembagian spesifikasi kecerdasan menurut L.L. Thurstone:

  1. Pemahaman dan kemampuan verbal
  2. Angka dan hitungan
  3. Kemampuan visual
  4. Daya ingat
  5. Penalaran
  6. Kecepatan perceptual
Skala Wechsler yang umum dipergunakan untuk mendapatkan taraf kecerdasan membagi kecerdasan menjadi dua kelompok besar yaitu kemampuan kecerdasan verbal (VIQ) dan kemampuan kecerdasan tampilan (PIQ).

Pengukuran taraf kecerdasan

 


Salah satu uji kecerdasan yang diterima luas ialah berdasarkan pada uji psikometrik atau IQ Pengukuran kecerdasan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis atau tes tampilan (performance test) atau saat ini berkembang pengukuran dengan alat Bantu komputer. Alat uji kecerdasan yang biasa di pergunakan adalah :

  1. Stanford-Binnet intelligence scale
  2. Wechsler scales yang terbagi menjadi beberapa turunan alat uji seperti :
  3. WB (untuk dewasa)
  4. WAIS (untuk dewasa versi lebih baru)
  5. WISC (untuk anak usia sekolah)
  6. WPPSI (untuk anak pra sekolah)
  7. IST
  8. TIKI (alat uji kecerdasan Khas Indonesia)
  9. FRT
  10. PM-60, PM Advance
Durasi waktu tes

Pelaksanaan tes IQ membutuhkan waktu selama 1- 2 jam tergantung dari tingkat pendidikan anak sedangkan untuk pelaksanaan tes secara indivual untuk anak usia prasekolah akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti Tes

Peserta tes sebenarnya tidak diperlukan persiapan secara khusus sejauh  peserta dalam kondisi  sehat fisik maupun mental, cukup istirahat dan tidak dalam keadaan lapar.

Faktor yang memengaruhi Kecerdasan

 


Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kecerdasan, yaitu:

  1. Faktor Bawaan atau Biologis  
  2. Dimana faktor ini ditentukan oleh sifat yang dibawa sejak lahir. Batas kesanggupan atau kecakapan seseorang dalam memecahkan masalah, antara lain ditentukan oleh faktor bawaan.
  1. Faktor Minat dan Pembawaan yang Khas
Dimana minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu.

  1. Faktor Pembentukan atau Lingkungan
Dimana pembentukan adalah segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan inteligensi.

  1. Faktor Kematangan
Dimana tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Faktor Kebebasan
Hal ini berarti manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Di samping kebebasan memilih metode, juga bebas dalam memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.