Happy Parenting

HAPPY PARENTING


PENDAHULUAN

Pada saat ini pengaruh globalisasi terhadap kehidupan keluarga sangat luar biasa. Dimana – mana para orang tua mengkhawatirkan kehidupan buah hati atau anak – anak mereka di masa depan. Sebagian besar orang tua sangat khawatir jika nasib anak – anak mereka mengalami kegagalan baik dalam kehidupan keluarga maupun karir. Hal ini wajar apabila kita melihat kondisi masyarakat kita bahwa apa yang telah dimiliki oleh para orang tua baik pendidikan, jabatan atau harta kekayaan bukanlah menjadi jaminan bahwa semua itu merupakan sumber utama kebahagiaan keluarga. Justru sebaliknya semakin banyak terlihat keluarga yang tampak mampu namun mereka tidak mengalami kebahagiaan. Mengapa? Karena untuk dapat bahagia dalam era globalisasi, para orang tua harus memahami dampak gelobalisasi terhadap kehidupan keluarga. Dengan pemahaman tersebut mereka akan dapat mengembangkan peran yang sesuai apakah sebagai ayah, ibu ataupun konselor bagi anak-anaknya. Apabila para orang tua dapat memainkan peran tersebut secara efektif, maka niscaya kebahagiaan bisa dicapai di dalam kehidupannya.

Berangkat dari pemikiran di atas, kami bermaksud membantu para orang tua untuk mengembangkan peran melalui pemahaman dan teknik – teknik menjadi orang tua yang efektif sehingga mampu menjadi orang tua yang bahagia. Pelatihan Happy Parenting diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan menjadi orang tua yang efektif kepada para orang tua di Indonesia guna membangun keluarga yang bahagia.

Metodologi Pelatihan

Tujuan:

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang membangun peran sebagai orang tua yang bahagia
  2. Memberikan solusi mengenai pemecahan masalah yang berkaitan dengan masalah-masalah bagaimana menjadi orang tua yang bahagia
Metode Pelatihan:

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Games
Waktu: 2 x 8 jam

Siapa yang Perlu Mengikuti

Pelatihan Happy Parenting  inii layak diikuti oleh para orang tua yang ingin membahagiakan dirinya. Pelatihan ini juga dapat diikuti oleh para prikolog, psiakiater, para pendidik yang terlibat dalam masalah keluarga serta konselor atau konsultan keluarga.

Pokok Materi

  1. Globalization & The Family
  2. Parenting
  3. Positive Parenting
  4. Infancy and Early Childhood
  5. Teen Parent Connection
  6. Brothers and Sisters
  7. Highlighting Parent Involvement in Education
  8. Parent-Teacher Partnerships
  9. Emptyness Syndrome


PROFIL BAPAK HENDRA KUSNOTO

Bapak Hendra Kusnoto adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1984. Pada tahun 1986 ia melanjutkan studi di Fakultas Pasca Sarjana UGM. Pada tahun 1986 Bpk. Hendra Kusnoto bergabung dengan Universitas Persada Indonesia “YAI’ dan mendirikan Fakultas Psikologi swasta pertama di Indonesia. Ia juga sempat menjadi dekan dan mengajar di fakultas itu pada tahun 1987 – 1989. Pada masa itu beliau termasuk dekan termuda di Indonesia. Selama mengajar, Bpk. Hendra Kusnoto mempelajari ilmu manajemen bisnis secara otodidak. Pada tahun 1989 yang bersangkutan bekerja di PT Antam. Di perusahaan ini beliau aktif dalam bidang sumber daya manusia. Pada tahun 1996 beliau studi di Business Administration and Management di Melbourne University, Australia. Sekembalinya dari studi di Australia Bpk. Hendra Kusnoto menulis buku berdasarkan hasil penelitian di perusahaan-perusahaan yang ada di Australia. Buku tersebut berjudul “Praktek Manajemen Terbaik di Dunia” dan diterbitkan oleh Gramedia.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan sumber daya manusia, pada tahun 1996 Bpk. Hendra Kusnoto ditunjuk sebagai salah satu anggota tim IPO (inital public offering) untuk mempersiapkan PT Antam menjadi perusahaan publik. Sejak saat itu beliau selalu terlibat dalam tim strategis baik dalam bidang pengembangan usaha maupun sumber daya manusia. Karena hobi belajarnya tidak pernah berhenti, beliau mempelajari manajemen perubahan baik secara otodidak maupun pelatihan-pelatihan di dalam dan luar negeri. Walaupun Bpk. Hendra Kusnoto pernah studi di negeri kangguru, namun beliau merasa belum puas, sehingga pada tahun 1998 beliau belajar mengenai manajemen bisnis internasional di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya, Jakarta.

Pada tahun 2000, berbekalpengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis, sumber daya manusia dan manajemen perubahan beliau dipercaya oleh pimpinan PT Antam Tbk untuk memimpin tim manajemen perubahan untuk memantapkan posisi PT Antam Tbk sebagai perusahaan yang mampu menjadi perusahaan kelas dunia. Untuk tujuan tersebut beliau mempelajari balanced scorecard langsung dari penciptanya, yaitu Dr. David Norton. Perannya dalam bidang manajemen perubahan tersebut turut mampu menjadikan PT Antam Tbk menjadi perusahaan terkemuka.

Sejak tahun 2006 Bpk. Hendra Kusnoto mulai mencoba untuk memberikan pelatihan dan konsultasi di beberapa perusahaan baik nasional maupun asing dimana berkolaborasi dengan perusahaan konsultan PT. Staffindo Dinamika Mandiri (Staffindo). Untuk itu beliau memperoleh ijin khusus dari pimpinan perusahaan. Di PT Antam Tbk sendiri, akhir-akhir ini beliau ditunjuk sebagai advisor direksi dalam bidang good corporate governance.
Demikian sekilas info mengenai profil Bpk. Hendra Kusnoto semoga dapat bermanfat bagi pengembangan perusahaan di Indonesia.